VISI DAN MISI DINAS PERIKANAN KABUPATEN BULELENG

  • Admin Bulelengkab
  • 29 Pebruari 2016
  • Dibaca: 1827 Pengunjung

VISI DAN MISI
Dalam rangka mengantisipasi tantangan ke depan menuju kondisi yang diinginkan, Dinas Perikanan Kabupaten Buleleng senantiasa mencari inovasi dengan peluang, agar tidak tertinggal jauh dibelakang dari daerah lain di Propinsi Bali.
Meningkatnya persaingan, tantangan dan tuntutan masyarakat akan pelayanan maka mendorong Dinas perikanan Kabupaten Buleleng untuk mempersiapkan diri agar lebih eksis dan kompetitif, agar senantiasa mengupayakan perubahan kearah perbaikan.
Perubahan tersebut dilaksanakan secara bertahap, terencana, konsisten dan berkelanjutan, sehingga dapat meningkatkan akuntabilitas kinerja yang berorientasi pada pencapaian hasil dan manfaat.

VISI
Visi adalah pandangan jauh kedepan, kemana dan bagaimana Dinas Perikanan Kabupaten Buleleng dibawa dan berkarya agar tetap konsisten dan dapat eksis, antisipatif, inovatif serta proaktif. Berdasarakan arti Visi tersebut, maka dibawah ini Dinas Perikanan Kabupaten Buleleng menetapkan Visi sebagai berikut :
“ TERWUJUDNYA PENGELOLAAN SUMBER DAYA PERIKANAN YANG LESTARI, TERPADU DAN BERTANGGUNGJAWAB BAGI KESATUAN BANGSA DAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT. “

Penjelasan VISI :
1.Mengelola  artinya mengatur potensi sumberdaya perikanan dan kelautan sesuai peruntukannya.
2.Lestari  artinya tetap ada dan senantiasa berkembang.
3.Sumberdaya Perikanan dan Kelautan  artinya darat dan Laut potensi yang ada diwilayah Kabupaten Buleleng.
4.Terpadu  artinya ada keterkaitan dengan bidang sektor lain.
5.Bertanggungjawab artinya pengelolaan potensi sumber daya perikanan tetap memperhatikan peraturan yang berlaku. berpedoman pada peraturan yang ditetapkan.
6.Kesatuan Bangsa   artinya laut sebagai pemersatu bangsa
7.Kesejahteraan Masyarakat  artinya terpenuhinya kebutuhan dasar secara wajar.
     

MISI
Misi adalah sesuatu yang harus diemban atau dilaksanakan sesuai visi yang ditetapkan agar tujuan organisasi dapat terlaksana dan berhasil dengan baik.
Dengan adanya pernyataan visi diharapkan seluruh karyawan Dinas Perikanan Kabupaten Buleleng dan pihak-pihak yang berkepentingan dapat mengenal dan mengetahui peran dan program-program serta hasil yang akan diperoleh diwaktu yang akan datang.
Proses perumusan misi dilakukan dengan memperhatikan masukan dari pihak yang berkepentingan (Stake Holders) dan memberikan peluang untuk perubahan sesuai dengan tuntutan lingkungan.
Misi Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Buleleng adalah sebagai berikut:
1.Peningkatan kesejahteraan masyarakat nelayan, pembudidaya ikan dan masyarakat pesisir lainnya.
2.Peningkatan peran sektor perikanan dan kelautan sebagai sumber pertumbuhan ekonomi daerah.
3.Pemeliharaan dan peningkatan daya dukung serta kualitas lingkungan perairan.
4.Peningkatan kecerdasan dan kesehatan masyarakat melalui peningkatan konsumsi ikan.
5.Peningkatan peran laut sebagai pemersatu bangsa dan peningkatan budaya bahari.

Share Post :